Facebook

header ads

Sukseskan Ketahanan Pangan Nasional, Babinsa Kodim 0802/Ponorogo Lakukan Pendampingan Petani Dan Peternak

GemaSuara, Ponorogo - Guna menyukseskan Program Ketahanan Pangan Nasional yang telah dicanangkan Pemerintah, Kodim 0802/Ponorogo melalui para Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang ada di Koramil jajaran terus melakukan tugas pendampingan baik itu kepada para petani atau peternak yang ada di wilayah desa binaan, Selasa (26/03/2024)

Sesuai penyampaian Komandan Kodim 0802/Ponorogo Letkol Inf Dwi Soerjono dalam rapat khususnya terkait program ketahanan pangan bahwa untuk pelaksanaan di lapangan tentu disesuaikan dengan kondisi wilayah binaan masing – masing.

Di Koramil Tipe B 0802/04 Siman misalnya, saat ini para petani sedang bercocok tanam jagung, maka para Babinsa harus aktif dalam melakukan pendampingan terhadap para petani atau kelompok tani sehingga produksi dan kualitas pangan hingga penguatan stok pangan bisa terus meningkat.

Seperti yang dilakukan Serka Pamuji, Babinsa Ronosentanan yang aktif melakukan pendampingan para petani di wilayah desa binaan dimana saat ini para petani di wilayah tersebut sedang bercocok tanam jagung dan sudah mulai panen.

“Rata – rata di wilayah kami sudah mulai panen jagung termasuk salah satunya di Dukuh Pramben yang tergabung dalam Kelompok Tani Maju 2. Namun demikian ada juga sebagian para petani yang menanam padi," katanya saat dihubungi Media Center 0802.

Beda lagi yang dilakukan Serda Sulis Setiawan anggota Koramil Tipe B 0802/16 Jetis dimana dalam tugas sehari hari disamping mendampingi para petani juga aktif melakukan pendampingan terhadap para peternak di wilayah desa binaan. 

“Disamping bertani, warga di Desa Winong juga ada yang beternak kambing salah satunya yaitu Bapak Ahmad Jumali yang saat ini mempunyai peliharaan kambing berjumlah 250 ekor,“ katanya.

“Ini kami lakukan agar warga terus termotivasi dan semangat dalam bertani atau beternak sehingga diharapkan bisa meningkatkan kualitas atau hasil dari bertani atau beternak,“ ungkapnya.

Sementara itu, Ahmad Jumali yang tinggal di Jalan Kamboja Dkh. / Ds. Winong yang sudah beternak kambing selama lebih kurang 7 tahun mengungkapkan rasa senang mendapat pendampingan dari Babinsa. Bahkan dia berharap bisa terus berlanjut. “ Terima kasih didampingi Pak Babinsa. Semoga ini terus berlanjut," ujarnya. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar