Facebook

header ads

SMAZABA Campus Fair 2023, Dihadiri Perguruan Tinggi Top, Dari UGM Hingga IPB

Dr. Suroso, M.Pd., Kepala SMAN 1 Babadan Ponorogo membuka SMAZABA Campus Fair 2023

GemaSuara, Ponorogo - Untuk memberikan wawasan terkait perguruan tinggi pada peserta didik kelas XII, SMAN 1 Babadan Ponorogo (SMAZABA) menggelar SMAZABA Campus Fair 2023. Gelaran itu dilaksanakan di halaman sekolah, Kamis (12/01/2023).

Berbagai universitas kondang ternama turut mengikuti Campus Fair, di antaranya Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Diponegoro (UNDIP), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), dan Universitas Negeri Malang (UNM), serta Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Juga hadir Universitas Jember (UNEJ), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Trunojoyo Madura (UTM), STKIP PGRI Ponorogo, Poltekes Surakarta
Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO), Insitut Teknologi Sepuluh November (ITS), Politeknik Negeri Jember, Universitas PGRI Madiun (UNIPMA), Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Peserta didik kelas XII SMAZABA mendapatkan informasi tentang Universitas Diponegoro (UNDIP)

Hadirnya Perguruan Tinggi tersebut merupakan bentuk kepercayaan pada kualitas peserta didik SMAN 1 Babadan. Di setiap Perguruan Tinggi yang hadir, terdapat alumnus SMAZABA. Mereka jugalah yang datang ke Campus Fair dan membantu staf perguruan tinggi memberikan wawasan pada peserta didik.

"Kemarin acaranya diselenggarakan oleh sekolah, bekerjasama dengan alumni yang telah masuk di Perguruan Tinggi. Para alumni memberikan informasi kepada peserta didik kelas XII tentang informasi terkait kampusnya masing - masing. Jadi peserta didik kami dapat segera tahu dan aktualisasi rencana kuliahnya," kata Dr. Suroso, M.Pd., Kepala SMAN 1 Babadan Ponorogo.

"Dalam satu dekade ini, sekolah berupaya keras untuk mengembangkan dan membimbing peserta didik pada passionnya. Agar mereka dapat lebih tepat dalam mengambil jenjang pendidikan selanjutnya," imbuhnya.

Animo yang besar diperlihatkan para peserta didik dalam SMAZABA Campus Fair

Hal itu diamini oleh Drs. H. Bambang Wijanarko, M.Pd., Waka Kesiswaan SMAN 1 Babadan Ponorogo. Menurutnya hadirnya Perguruan Tinggi tersebut merupakan gambaran dari alumni Smazaba. "Perguruan Tinggi yang hadir merupakan gambaran alumni kami, ada yang ke UGM, UNAIR, UNDIP, IPB, dan yang lainnya. Untuk alumni saya berikan apresiasi, karena kegiatan ini bentuk kepedulian pada adik kelasnya dan juga almamater," ujarnya.

"Mereka memberikan informasi agar peserta didik kelas XII dapat memilih perguruan tinggi yang sesuai atau cocok dengan passionnya. Informasinya banyak misalnya tentang program bidik misi, grade nilai yg diperlukan untuk masuk, hingga potensi pekerjaan dari jurusan yang akan diambil," tambahnya.

Campus Fair merupakan program yang memudahkan peserta didik untuk mencari informasi tentang Perguruan Tinggi

Sementara itu, dari staf salah perguruan tinggi yang hadir menyatakan senang dengan animo peserta didik SMAZABA. Senada dengan Kepala dan Waka Kesiswaan, program studi merupakan salah satu hal yang paling kerap ditanyakan dalam Campus Fair.

"Yang sering ditanyakan program studi yang sesuai dengan peserta didik, lalu juga beasiswa. Animonya besar ya, kampus kami UMPO juga menjadi rujukan peserta didik, terutama yang memutuskan kuliah di daerah Ponorogo," terang Zulkarnain Ashyahifa, M.Hum., Kepala UPT PMB Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Dengan adanya Smaza Campus Fair ini, peserta didik kelas XII diharapkan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dapat memilih perguruan tinggi yang benar - benar seusai atau cocok dengan passionnya, dan membuat tetap bersemangat dalam menimba ilmu setinggi - tingginya. (Red)

Posting Komentar

1 Komentar